Student Login | Company Login

Ancora-Khazanah Asia Scholarship dari Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah Beasiswa Kuliah S1 di Malaysia

Ancora Foundation & yayasan khazanah

Beasiswa ini merupakan sebuah program kerjasama antara Yayasan Khazanah dengan Ancora Foundation yang memberikan kesempatan bagi para pelajar dari Indonesia untuk bisa menempuh studi jenjang S1 di universitas-universitas ternama di Malaysia. Dengan kapasitas sebagai negara tetangga yang serumpun, tentu Malaysia sangat bisa dijadikan pilihan untuk mengejar gelar sarjana di luar negeri. Dengan jenjang S1 selama 4 tahun masa studi yang ditawarkan. Jadi seandainya ingin pulang kampung ke Indonesia sekalipun biayanya tidak akan terlalu mahal jika dibandinkan dengan perjalanan dari kawasan Eropa atau Amerika. Jika ada yang dekat, kenapa harus mencari yang jauh?

Dalam program beasiswa ini, Ancora Foundation mendukung dan membantu sepenuhnya Yayasan Khazanah untuk bisa memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan dari para pelajar berprestasi dari Indonesia demi kemajuan negara dan bangsa Indonesia secara khusus dan tentunya kawasan Asia Tenggara serta mungkin dunia dalam lingkup yang lebih luas dan umum. Selain itu, Yayasan Khazanah juga berusaha untuk bisa menghadirkan dan menghasilkan para pemimpin yang luar biasa nantinya dari program ini khususnya dalam bidang teknologi, industri, ekonomi, dan juga multimedia. Selain itu Yayasan Khazanah juga berharap melalui para alumni dari program beasiswa ini nantinya bisa membawa kesempatan bagi Yayasan Khazanah dan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam yayasan tersebut untuk bisa berkontribusi secara sosial dalam berbagai situasi dan kondisi di berbagai negara khususnya Indonesia.

Program Ancora-Khazanah Asia Scholarship ini memiliki target pada pelajar dari Indonesia dengan catatan akademik yang baik serta ditambah performa yang mengagumkan dalam hal kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler disekolahnya. Proses seleksinya sendiri merupakan sebuah proses yang sangat ketat dan kompeitif guna memastikan bahwa pelajar yang diterima untuk mendapatkan beasiswa ini benar-benar yang terbaik.

Berikut ini adalah daftar dari universitas-universitas di Malaysia yang termasuk dalam daftar universitas untuk program Ancora-Khazanah Asia Scholarship ini. Jika berniat untuk mengajukan permohonan beasiswa ini, kamu bisa mulai untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang univertas-universitas berikut ini:

  • Multimedia University (klik here)
  • Universiti Tenaga Nasional (klik here)
  • International Islamic University Malaysia (klik here)
  • Universiti Kebangsaan Malaysia (klik here)
  • Universiti Sains Malaysia (klik here)
  • Universiti Putra Malaysia (klik here)
  • University of Malaya (klik here)

Total ada 7 universitas kenamaan di Malaysia yang bisa dijadikan pilihan untuk mengejar gelar sarjana dengan bantuan program beasiswa ini. Pastikan untuk selalu mencari informasi seputar jurusan-jurusan yang ada di setiap universitas agar bisa sesuai dengan minat yang dimiliki.

Cakupan Beasiswa
Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa beasiswa Ancora-Khazanah ini menjamin pelajar dari Indonesia yang sudah menjadi penerima beasiswa untuk menempuh studi jenjang Sarjana selama 4 tahun di Malaysia. Dalam cakupan pambiayaannya, beasiswa ini akan memberikan pembiayaan bagi penerima beasiswa yang meliputi:

  • Biaya kuliah penuh sesuai jurusan dan universitas yang dipilih
  • Biaya tunjangan hidup
  • Biaya transportasi dari dan ke Malaysia dengan menggunakan pesawat kelas ekonomi

Beasiswa ini hanya akan membiayai studi selama 4 tahun jadi penerima beasiswa sangat diharapkan untuk mampu menyelesakan studinya selama 4 tahun tersebut karena tidak akan ada pembiayaan lanjutan atau tambahan lagi jika ternyata waktu studinya lebih dari 4 tahun.

Kriteria dan Persyaratan Beasiswa
Seperti juga dengan berbagai jenis beasiswa lain, program beasiswa Ancora-Khazanah ini juga memiliki kriteria-kriteria yang harus dipenuhi agar para pemohon mendapatkan kesempatan untuk kuliah S1 di Malaysia
dengan pembiayaan beasiswa ini. Berikut ini adalah kriteria-kriteria penerimaan dari beasiswa ini yang wajib diperhatikan:

  • Pemhohon harus sudah lulus atau akan lulus Sekolah Menengah Atas pada bulan September setiap tahunnya atau setiap periode tahun ajaran dengan nilai rata-rata dari kelulusannya tersebut adalah 8,5 dari nilai maksimalnya 10
  • Pemohon wajib meikuti seluruh proses seleksi yang akan dilakukan oleh pihak Ancora Foundation dan juga Yayasan Khazanah
  • Pemohon harus sehat secara jasmani dan rohani
  • Usia maksimal dari pemohon adalah 18 tahun pada bulan September
  • Pemohon memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi serta aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekstra-kurikuler, kegiatan sosial, serta juga menjadi relawan-relawan baik itu dalam lingkup sekolah maupun luar sekolah
  • Pemohon mampu menggunakan bahasa Inggris secara aktif dan baik

Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa
Untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri mengikti seleksi beasiswa ini, kamu bisa menuju ke halaman berikut yang disana bisa didapatkan formulir untuk pendaftarannya. Halaman tersebut masih akan bisa diakses untuk mendapatkan formulir pendaftaran hingga awal bulan Desember. Prosedur-prosedur selanjutnya dalam proses seleksi akan dikomunikasikan kepada pemohon melalui email yang dicantumkan dalam formulir pendaftaran. Pemohon yang lolos dalam seleksi tahap awal ini sejumlah 20 orang akan diundang untuk mengikuti Assessment Camp pada pertengahan bulan Februari di Bandung dengan lokasi yang akandiinformasikan lebih lanjut karena bisa berubah-ubah. Untuk biaya yang harus ditanggung pemohon selama proses seleksi ini hanya biaya transportasi menuju lokasi Assessment Camp saja. Selain itu semua biaya ditanggung oleh pihak Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah.

Berikut ini adalah rincian dari proses seleksi penerimaan beasiswa Ancora-Khazanah ini dari mulai pendaftaran online. Kamu bisa menggunakan rician berikut ini untuk menyiapkan diri dan jadwal kegiatanmu jika memang berniat mengikuti seleksi beasiswa untuk kuliah di Malaysia ini,

  • Seleksi pendaftaran online – Bisa dilakukan hingga awal bulan Desember dengan menuju ke halaman berikut
  • Verifikasi Dokumen – Formulir pendaftaran, fotokopi rapor, sertifikat, dokumen tes bahasa Ingris wajib dikirikan guna diverifikasi dengan deadline hingga minggu pertama bulan Desember
  • Tes online 1 – Setelah lolos dari tahapan verifikasi dokumen, pemohon wajib menempuh tes online 1 yang bisa dilakukan secara online dan mandiri oleh pemohon mulai dari minggu terakhir bulan Desember hingga minggu perta bulan Januari. Berbagai hal yang lebi detail akan disampaikan melalui email pemohon
  • Tes online 2 – Setelah lolos tes online 1 maka pemohon wajib mengikuti tes online 2 yang juga bisa dilakukan sendiri seperti tes online 1. Jangka waktunya adalah dari minggu kedua hingga minggu ketiga bulan Januari
  • Assessment Centre – Pada pertengahan bulan Februari pemohon yang sudah lolos berbagai tahapan seleksi sebelumnya akan diundang untuk mengikuti Assessment Centre selama 3 hari di Bandung. Segala hal yang lebih detail akan disampaikan melalaui email.
  • Pengumuman – Pada bulan April atau Mei akan diumumkan maksimal 5 orang penerima beaswa Ancora-Khazanah ini. Namun perlu diperhatikan bahwa nilai rata-rata Ujian Nasional dari pemohon itu nantinya jika memang baru akan lulus, harus 85 dari 100.

Be the first to comment on "Ancora-Khazanah Asia Scholarship dari Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah Beasiswa Kuliah S1 di Malaysia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Dapatkan lowongan terbaru!

Ayo subscribe dan dapatkan informasi lowongan kerja magang, part time, volunteer, dan full time jobs disini.
Email address
Secure and Spam free...